Situs Selo Gending : Situs Bersejarah Yang Tersembunyi

Citizen Jurnalistik

Gunung Mahameru atau Gunung Semeru hingga kini keberadaannya banyak menyimpan cerita. Salah satunya adalah mengenai peninggalan jejak-jejak suci yang ada di Lereng Mahameru. Untuk menelusuri lebih jauh, Tim MMC berkunjung langsung ke Situs Selo Gending yang berada di Desa Kandangan, kurang lebih 50 menit dari kota Lumajang ke arah barat.

Oleh : Ananda Kenyo

Sesampai di kawasan situs ini kita langsung disuguhi pemandangan yang sangat indah nan sejuk karena banyak dikelilingi pepohonan. Begitu masuk gerbang, kita akan menemukan dua buah batu yang letaknya saling berhubungan. Untuk mencapai situs utama kita harus menaiki beberapa undak-undakan yang terbuat dari batu.

Situs Selo Gending  sendiri adalah sebuah situs yang diperkirakan ada sejak jaman megalitikum. Hal ini terbukti dari banyaknya penemuan batu-batu kuno yang bentuknya bermacam-macam. Namun ada 5 batu yang kemudian oleh masyarakat sekitar dikramatkan, ke 5 batu tersebut diberi nama Selo Gending, Tejo Kusumo, Mbah Pukulun, Mbah Tejo Gedang dan Mbah Wadung Prabu.

Nah, Wadung Prabu ini yang merupakan puncak utama atau sentral dari pemujaan karena letaknya menempati tempat teratas dalam posisi undak-undakannya. Bentuknya seperti piramida yang bertingkat atau biasanya disebut dengan punden berundak. Sebenarnya di batu Wadung Prabu ini terdapat sebuah ukiran gambar dan tulisan kuno. Namun kini sudah aus dimakan usia sehingga sudah tidak bisa terbaca.

Menurut bapak Samsubur, Penulis buku sejarah asal Kabupaten  Banyuwangi yang kebetulan saat itu sedang berkunjung ke Situs Selo Gending mengatakan bahwa Situs Selo Gending ini  sudah ada sejak zaman megalitikum yang kemudian semakin berkembangnya zaman dan mulai masuknya Hindu-Budha akhirnya diteruskanlah ritual-ritualnya hingga kini.

Beliau juga berpesan terutama kepada generasi muda untuk selalu menjaga dan melestarikan peninggalan leluhur kita, karena dari sana banyak terdapat pelajaran berharga seperti tentang asal-usul nenek moyang kita, bagaimana cara mereka dahulu bertahan hidup.

“Walaupun belajar dari masa lalu, tetapi kita harus memiliki pola pikir yang maju untuk masa depan” Dengan adanya situs Selo Gending, hal ini membuktikan bahwa desa tertua Lumajang berada di desa Kandangan, kecamatan Senduro. Sebuah pemukiman awal yang dihuni oleh manusia prasejarah yang letaknya tepat dibawah lereng semeru.

  • Reporter : Kenyo
  • Editor : Oren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.