Mpu Sanibin : Perspektif dari Sang Cucu

Citizen Jurnalistik

Daerah Kunir merupakan salah satu kecamatan yang bersejarah dan memiliki peninggalan-peninggalan seperti penemuan candi Kedungmoro atau masyarakat sekitar menyebutnya Betari Durgo, Arca Nandi di Krai Sentono, dan Lingga Yoni di Kunir Sentono.

Oleh : Ananda Kenyo

Kunir selain memiliki peninggalan bersejarah ternyata juga memiliki legenda yang cukup melekat hingga  turun menurun oleh masyarakat sekitar. Legenda itu mengenai sang pembuat wedung pusaka karya Mpu Sanibin.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Tim MMC menemui salah satu keturunan (cucu buyut) dari eyang Mpu Sanibin yakni Mpu Subakir di Dusun Pandean,Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Disebut pande karena banyak masyarakat yang dulu berprofesi sebagai pande (orang yang membuat senjata atau pusaka).

 Sekarang berganti nama menjadi dusun Sumber Dawe. Walaupun secara silsilah, Mpu subakir ini termasuk keturunan dari adik Mpu Sanibin yakni Mpu Sampuro yang keahlian pandenya juga tak kalah hebatnya dengan Mpu Sanibin.

Menurut Mpu Subakir, keahlian pande Mpu Sanibin diperoleh langsung dari Ayahnya. Karya yang dihasilkan Mpu Sanibin juga unik dan khas yakni spesialis membuat wedung atau golok keselamatan.

“Kalau dari eyang buyut saya itu dari dulu ya membuatnya wedung untuk keselamatan. Maksudnya keselematan adalah digunakan sebagai jimat. Jika ada yang mau bertengkar, salah satunya membawa wedung Mpu Sanibin dipercaya tidak akan jadi bertengkar.” Tutur Mpu Subakir.

Wedung Mpu Sanibin juga memiliki ciri khas dari segi bentuknya karena terdapat cap jari tangan sang Mpu, hal itu diperoleh langsung dengan menempelkan jari ketika membuat wedung saat besi masih panas-panasnya. Tak  hanya itu, ciri khas lainnya yang dimiliki wedung Mpu Sanibin adalah kayu yang digunakan untuk memegang ujungnya selalu pecah.

“Wedung Mpu Sanibin dan Mpu Sampuro ini dibuatnya selalu pada saat suro dan tempatnya selalu di daerahTempuran (pertemuan dua arus sungai)”. Imbuhnya

Mengenai keberadaan atau petilasan terakhir Mpu Sanibin, Mpu Subakri mengaku tidak tahu dan masih menjadi misteri hingga sekarang. Berbeda dengan adiknya, yakni Mpu Sampuro yang makamnya ada di daerah Kunir.

• Reporter : Yoshi
• Editor : Oren

2 thoughts on “Mpu Sanibin : Perspektif dari Sang Cucu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.