Arya Wiraraja: Eksistensi Tak Pernah Lekang Oleh Zaman

Citizen Jurnalistik

Lumajang selain memiliki keindahan panorama alam ternyata juga memiliki sisi sejarah yang kemudian banyak memunculkan nama-nama tokoh, salah satunya adalah Arya Wiraraja. Arya Wiraraja atau Banyak Wide adalah seorang tokoh pemimpin pada abad ke-13 M di Jawa dan Madura.

Oleh : Ananda Kenyo

Arya Wiraraja adalah kerabat Kerajaan Singasari, pada sekitar tahun 1269 Arya Wiraraja sempat menjabat sebagai Rakryan Demung Singasari, kemudian diangkat menjadi adipati Sumenep Madura. Ketika menjadi Adipati Sumenep, Arya Wiraraja ikut membantu Raden Wijaya mendirikan kerajaan Majapahit. Atas jasanya itu ia mendapat hak menjadi penguasa di daerah sekitar Lumajang.

Lahirnya Lamajang (kini Lumajang) juga tidak dapat dipisahkan dari sosok Arya Wiraraja karena beliaulah yang mendirikan kerajaan Lamajang Tigang Juru. Dibawah kepemimpinan Arya Wiraraja, kerajaan  Lamajang telah mencapai kemakmuran dan kemajuan sehingga mampu membuat masyarakatnya sejahtera.

Jejak-jejak peninggalan sisa kejayaannya hingga sekarang masih bisa dijumpai di daerah Dusun Biting, Desa Kutorenon, Lumajang seperti Situs Biting dan untuk mengenang sosok Arya Wiraraja yang sangat berjasa karena telah mendirikan Kerajaan Lamajang, Pemerintah Kabupaten Lumajang menamai pendopo dengan nama Pendopo Arya Wiraraja. Tak hanya itu, kini banyak tempat-tempat yang  mengambil nama sang Raja seperti, perumahan-perumahan, taman kota, pertokoan kecil, lapak bisnis online, sekretariat organisasi, group musik  hingga minimarket.  Hal ini membuktikan bahwa eksistensi dari sosok Arya Wiraraja tak lekang oleh zaman dan telah memiliki tempat tersendiri dihati masyarakat Lumajang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.