Mayor Jenderal Imam Soedjai ”Sumbangsih Untuk Pergerakan Rakyat dan Revolusi Indonesia”

Resensi Buku

Judul Buku : Mayor Jenderal Imam Soedjai “Sumbangsih Untuk Pergerakan Rakyat dan Revolusi Indonesia”

Pengarang : Mansur Hidayat

Halaman : XXXIV, 300 Halaman

Penerbit : Direktorat Sejarah Dirjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Tahun Terbit : 2019

Oleh : Retno Dumilah

Sebagian masyarakat Lumajang tentunya tidak asing lagi dengan nama Imam Soedjai, nama yang diabadikan menjadi salah satu nama jalan di dekat pusat pemerintahan kota Lumajang. Nama Imam Soedjai juga banyak dikenal orang sebagai pendiri Pencak Organisasi. Namun dalam kenyataannya tidak banyak orang yang tahu mengenai sosok Imam Soedjai, dan apa jasa beliau dalam perjuangan bangsa Indonesia.

            Membahas mengenai siapa sebenarnya sosok Mayor Jenderal Imam Soedjai, menarik sekali untuk membaca buku karya Mansur Hidayat. Kenapa buku ini menarik? Karena buku menjawab pertanyaan mengenai siapa sebenarnya Imam Soedjai dan apa saja perannya dalam perjuangan bangsa Indonesia. Dalam buku ini juga diceritakan bahwa peran Imam Soedjai tidak hanya di Lumajang saja tapi dalam pentas perjuangan nasional. Mulai dari ikut memimpin Sarekat Islam cabang Lumajang, mendirikan Pencak Organisasi, ikut dalam Pembela Tanah Air (PETA) dan merintis cikal bakal TNI. Sosok Imam Soedjai sendiri tidak banyak dikenal dan tertulis hanya sekilas dalam catatan sejarah Indonesia. Padahal perannya sangat luar biasa dalam perjuangan bangsa Indonesia. Melalui buku ini kita bias memahami siapa Imam Soedjai, jenderal yang Namanya seolah-olah tersingkirkan dalam catatan sejarah bangsa Indonesia. Riwayat biografi yang dikemas dengan menarik serta menyajikan data-data baru mengenai sosok Imam Soedjai membantu kita memahami apa yang sebenarnya terjadi pada masa-masa perjuanganbangsa Indonesia.

            Buku setebal 300 halaman ini dikemas dalam bahasa yang menarik, mudah dipahami. Buku ini juga menceritakan mulai dari awal keikutsertaan Imam Soedjai dalam perjuangan bangsa Indonesia, hingga Imam Soedjai purna tugasnya Kembali menjadi rakyat biasa.  Selain itu buku ini juga membahas sosok Imam Soedjai dari sudut pandang keluarganya.

            Sayangnya buku yang sangat menarik dan memaparkan dengan jelas sosok Imam Soedjai yang telah banyak memberikan jasa besar kepada bangsa ini tidak bias didapatkan secara umum di toko-toko buku umum. Hal ini dikarenakan buku ini milik negara dan tidak diperdagangkan, untuk mendapatkanya sangat terbatas, sehingga untuk memperolehnya kita agak kesulitan. Selain itu dalam buku ini juga banyak sekali bersumber pada sumber lisan yang tentu saja keabsahannya masih harus kita telusuri lebih mendalam lagi. Mengingat sumber lisan yang disampaikan hanya beberapa saja yang hidup sejaman dengan sosok Imam Soedjai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.