Adu Kuat Dua Desa, Berebut Bekas Ibu Kota Lumajang Kuno

Cagar Budaya Citizen Jurnalistik

Seperti yang telah terjadi dalam banyak artikel di media ini, Kabupaten Lumajang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah yang salah satunya adalah Candi Gedhong Putri yang terletak di Kecamatan Candipuro. Nah ada hal menarik terkait keberadaan Candi Gedhong Putri ini.

Oleh : Ananda Kenyo

Terkait letak atau lokasi Candi gedhong putri ini  yang berada di antara 2 desa yakni Desa Sumberejo dan Desa  Kloposawit. Untuk menggali informasi lebih lanjut, tim Masmansoer.com melakukan investigasi di beberapa desa di Kecamatan Candipuro.

Informasi yang didapat sangat beragam dan mengarah pada pro-kontra dari sudut pandang perangkat desa masing-masing. Pada saat di wawancarai oleh Masmansoer.com salah seorang perangkat desa Sumberejo, Bambang Iskandar mengatakan bahwa lokasi Candi Gedhong Putri berada di sebelah utara desa Sumberejo. Namun beliau menambahkan hingga saat ini, belum ada penetapan batas wilayah secara pasti terkait lokasinya.

 “Sejauh ini belum ada musyawarah penetapan lokasi, hanya diberi ancer-ancer perbatasan wilayah klopo sawit dan sumberejo. Maka dari itu, ada yang menyebutkan bahwa Candi Gedhong Putri berada di wilayah Klopo Sawit dan ada yang menyebutkan di wilayah Sumberejo tetapi akses satu-satunya untuk masuk hanya melalui Desa Sumberejo.”

Candi Gedhong Putri dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Lumajang dengan menempatkan satu orang “Juru Pelihara” untuk menjaga serta membersihkan daerah sekitar candi. Juru Pelihara  Candi Gedhong Putri dewasa ini adalah Ibu Elok  yang meneruskan pekerjaan sang ayah sebelumnya. Saat ditanya tetang apa saja “Program Desa Sumberejo” untuk melestarikan atau memanfaatkan Candi Gedhong Putri, beliau menegaskan hingga saat ini belum ada satupun program desa berkaitan dengan peninggalan bersejarah tersebut.

“kami nanti akan mengupayakan untuk berunding dengan 3 desa tersebut untuk sekiranya mempunyai kewenangan untuk melestarikan apalagi diangkat untuk menjadi objek wisata sejarah yang nantinya bisa mengangkat perekonomian masyarakat sekitar” jawabnya.

Sementara untuk sekarang ini program desa dialihkan untuk pengendalian covid-19 sambil menunggu nantinya jika sudah ada musyawarah antar desa sehingga kami akan sepenuhnya mendukung apa yang akan menjadi keputusan Kepala Desa.

Investigasi berlanjut menuju kantor kepala desa Klopo Sawit yang letaknya tak jauh dari desa Sumberejo. Tim pun bergegas untuk menemui kepala desa tetapi sayang sekali beliau sedang keluar dan akhirnya digantikan oleh salah satu perangkat desa. Adapun menurut Imron selaku Perangkat Desa Klopo Sawit ketika ditanyakan soal lokasi Candi Gedhong Putri, mengatakan Candi tersebut lokasi berada di desanya.

“Desa Klopo Sawit ini memiliki 2 peninggalan sejarah yakni Makam Mbah Singo dan Candi gedhong putri, semuanya berada di Desa Klopo Sawit”

Hal Berbeda diungkapkan oleh perangkat desa Klopo Sawit mengatakan jika sejak awal ditemukannya Candi ini lokasinya termasuk wilayah Klopo Sawit.

“Benar memang lokasi gedong Putri berada di desa Klopo Sawit. Lokasi perbatasan antara wilayah Klopo Sawit dan Sumberejo yakni aliran sungai. Disebelah kanan sumberejo dan sebelah kiri kloposawit.”

Sejauh ini upaya untuk melindungi dan menjaga Candi Gedhong Putri dari desa kloposawit adalah dengan mendirikan pagar kawat yang dipasang melingkari situs. Adapun tak jauh dari candi ini, Lingga Yoni Nagaraja yang terletak di lahan sawah milik warga juga dilingkari kawat sebagai simbol bahwa situs tersebut dilindungi dan merupakan peninggalan sejarah.   Dari penelusuran ini kita mendapatkan informasi bahwa lokasi berdirinya Candi Gedhong Putri sampai saat ini masih menjadi tarik ulur antar 2 desa, yakni Desa Sumberejo dan Desa Klopo Sawit. Belum adanya penetapan wilayah yang jelas membuat hal ini masih menjadi rancu. Sangat disayangkan, sebuah situs yang digadang-gadang sebagai simbol sejarah lahirnya kota Lumajang masih kurang diperhatikan, padahal situs ini merupakan aset yang sangat berharga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.